Minggu, 22 Januari 2012

Achdiat K. Mihardja - Atheis


Sinopsis:
Hasan, tokoh utama buku ini, dikisahkan sebagai seorang pria muslim yang taat beribadah. Isi pikirannya sederhana dan polos. Namun, dia perlahan-lahan berubah setelah dia bertemu dengan teman masa kanak-kanaknya, Rusli. Rusli adalah seorang atheis penganut marxisme, selain itu dia juga berkenalan dengan Kartini yang kemudian dia sukai, seorang wanita yang dijual oleh ibunya kepada seorang Arab sebagai istri keempat (tentu saja Kartini melarikan diri karena dia berpikiran terbuka dan tidak konservatif). Baik Kartini maupun Rusli sering berkumpul bersama teman-temannya yang sepemahaman, sehingga Hasan pun makin sering terlibat dalam berbagai diskusi yang seru mengenai politik, agama, maupun hal-hal lainnya.
Akan tetapi, kehadiran Anwar (seorang nihilis) mengobarkan api cemburu hasan karena dia berpikir bahwa Kartini berselingkuh dengan Anwar.

Roman ini diterbitkan tahun 1949, yang pada saat itu era Orde Lama masih terdapat partai komunis (PKI) di negara ini. Selain itu, orang-orang yang tidak beragamapun juga cukup banyak jumlahnya dan dapat bergaul dengan orang lain yang beragama. Ini merupakan hal yang mencengangkan karena pada saat sekarang, di tahun 2012, Indonesia bukannya makin maju dalam keberagaman, tetapi malah sering terjadi kekerasan yang dilatarbelakangi masalah agama.

Anda akan disuguhi pertautan antara islam, marxisme, ideologi ideologi kiri, ide ide tak beragama dan yang beragama serta cinta, dengan sedikit kontemplasi nisacaya akan memudahkan anda untuk merekontruksi ulang konstelasi pola pikir manusia.


http://www.ziddu.com/download/9107218/AchdijatKartaMihardja-Atheis-DJVU.rar.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar