Kamis, 04 Februari 2016

"Just Business" Prison Break Season 4 Episode 14 (2008-2009)

Dari 43 menit waktu tayang, menit ke-9 adalah hulu ledak yang ingin saya bincangkan, tepat di menit itu "Just Bussiness" menjadi begitu sadis dan terasa akrab dengan sekitar, Robert Knepper berhadapan dengan eksistensinya sebagai Cole Pfeiifer atau sebagai Theodore Bagwell, dengan kata lain krisis identitas.

Ada baiknya menengok sejenak ke Tahun 1979 dimana Pionir Psikologi Sosial kelahiran Polandia, Henry Tajfel bersama John Turner mengembangkan teori yang berusaha melihat kondisi minimal manusia untuk mendiskriminasi manusia lainnya yang kemudian dikenal dengan Teori Identitas Sosial, saya tak menganjurkan untuk mengabaikan jenis-jenis identitas sosial namun proses identifikasi adalah ikhwal yang tak mati-mati. "Kita adalah tawanan dari identitas kita sendiri, hidup dipenjara ciptaan kita sendiri," ujar Knepper. Pengejaran atas identitas ini memiliki konsekuensi (1) manusia menjadi terlampau ambisius, homo homini lupus dan mendangkal, (2) oleh sebab tak tergapai, manusia membentuk identitas identitas baru nan palsu yang sekarang tampak memaku dalam media sosial. Dalam bahasa teolog Denmark; Soren Kierkegaard, konsekuensi kedua dapat disebut sebagai "absen dari diri sendiri." Sebagaimana ditelaah Karlina Supelli dalam Jurnal Filsafat Driyarkara No. 3 Tahun 2013, kesibukan orang dalam media sosial merupakan bentuk pantulan pelarian dari kesekarangan. Semakin berbondong domba-domba sesat memproklamirkan identitas, semakin berbondong pula wajah gembala. Manis dusta membentuk tatanan masyarakat dimana "pembangkangan agung" individu dianggap aib lagi kadaluarsa.

Yang lebih unik, identitas kemudian didigitkan, tepatnya 16 (enam belas) digit, 2 digit kode provinsi, 2 digit lagi kode kabupaten, 2 digit kode kecamatan, 6 digit tanggal dan tahun lahir, dan 2 digit terahir sebagi nomor urut. Lantas, Kita kenal kemudian sebagi Nomor Induk Kependudukan tapi saya kenal sebagai kolektifikasi pemiskinan individu yang saya dukung sebagai sebuah struktur sistem dengan kritik sana sini.

Kecurigaan saya atas rasa hormat berlebih terhadap Robert Knepper pun terjawab, Knepper lebih memilih "membangkang sendirian," bagaimana tidak, menjadi Cole Pfeiifer dengan identitas "tipe pria terhormat" pasti amat menggiurkan, direktur penjualan bagian utara, tinggal diapartemen mewah dan lain-lainnya, tapi Knepper justru tetap memilih menjadi Theodore Bagwell, narapidana psiko yang menanggung dosa moral sejak lahir. "Persetan dengan itu, kita adalah siapa kita" ucapnya. dan saya rasa tulisan ini masih jauh dari selesai...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar